Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Betok Untuk Kesehatan
=====================================






Ikan Betok memiliki nama lain Ikan Betik. Ini adalah jenis ikan sungai yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan sangat populer di pedesaan karena cukup melimpah di sungai. Ikan ini memiliki rasa yang gurih bila digoreng. Selain itu, Betok juga kaya dengan kandungan gizi.

Ikan Betok memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Nutrisinya kompleks. Ikan ini dipercaya bisa membuat tubuh jadi segar dan bugar karena kandungan vitamin B-kompleks nya mampu memperbaiki sel-sel yang rusak tertekan. Berikut sudah kami susun 22 manfaat Ikan Betok untuk kesehatan:



1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin dalam Darah Merah

Daging ikan betok mengandung zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin didalam darah merah untuk mengikat oksigen. Seorang yang memiliki darah yang kaya oksigen akan berwarna kemerah-merahan. Hal ini disebabkan oleh hemoglobin, protein yang mengandung zat besi dalam bentuk hemeprotein.
2. Menjaga Masa Pertumbuhan Janin dan Anak

Ikan betok mengandung omega 3 yang diperlukan oleh anak di masa pertumbuhan dan juga janin di dalam kandungan ibunya. Untuk itu cobalah mengonsumsi ikan ini karena khasiatnya sangat luar biasa.
3. Mengandung Protein

Ikan betok tak kalah manfaatnya dengan kandungan ikan lainya, di percaya terdapat kadungan protein yang berperan mensuplai kebutuhan harian akan kesehatan kita. Manfaat protein sendiri adalah sebagai perkembangan masa otot dan meningkatkan pertumbuhan jaringan otot, memperbaiki otot yang rusak, mengotrol kadar insulin pada darah dan merangsang perkembangan otak.
4. Menambah Nafsu Makan

Banyak beraktivitas menjadikan anda lupa makan dan tidak nafsu makan. Ikan betok dipercaya dapat meningkatkan selera makan sehingga kebutuhan tubuh untuk memperoleh makanan menjadi tercukupi. Akibat dari tubuh yang kekurangan makanan menjadi lemas dan kurus. Meningkatkan nafsu makan dengan ikan ini tidak hanya bagi orang dewasa namun juga dengan anak – anak.
5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan albinum yang terdapat pada ikan betok memang sudah tidak di ragukan lagi dalam mengobati luka pasca oprasi dan luka kecil. Namun taukah anda bahwa kandungan protein pada manfaat betok juga tidak kalah peting dalam menginkatkan penyembuhan luka dan mencegah terjadinya infeksi.
6. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu penyakit yang disebabkan karena berkurangnya kadar hemoglobin didalam sel darah merah yang berperan untuk mengikat oksigen didalam darah. Gejala yang timbul akibat anemia antara lain yaitu mudah lelah, tidak bersemangat dan merasakan rasa pusing di kepala. Meskipun tampaknya sederhana namun penyakit anemia sama sekali tidak boleh disepelekan. Untuk itu anda dapat memilih mengkonsumsi betok sebagai pelengkap nasi.
7. Merangsang Perkembangan Otak

Dalam protein ikan betok terdapat kandungan zat yang dapat merangsang pertumbuhan otak, terutama untuk balita. Zat tersebut lebih dikenal dengan kata taurine, yang bekerja dengan baik untuk merangsang sel otak yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan.
8. Menyehatkan Rambut

Kandungan vitamin A dapat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dan terhindar dari kerontokan. Berbagai masalah rambut pun bisa teratasi karena semakin sehat rambut karena kandungan vitamin tersebut dalam ikan betok dan dapat digunakan sebagai penjaga kesehatan rambut.
9. Membentuk Otot

Bagi para olahragawan otot tubuh diperlukan untuk menunjang penampilan dan keberhasilan mereka. Bagi semua orang bentuk tubuh yang berotot terlihat sangat gentlement dan sispek. Salah satu jenis ikan yang bisa membentuk otot tubuh adalah ikan betok, karena mengandung protein tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, pembentukkan dan membangun masa otot.
10. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu masalah pengeroposan tulang yang berakibat sulit untuk bergerak. Pada umumnya tulang keropos ini banyak diderita oleh para orang tua yang sudah lanjut usia. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi pada usia di bawah 40 tahunan karena pola hidup yang kurang sehat. Jadi anda melitik manfaat ikan betok ini.

Komentar